Friday 24 January 2014

MALAIKAT - Raqib dan Atid

 RAQIB DAN ATID

      Malaikat Raqib dan Atid termasuk antara 10 malaikat yang harus diketahui dan di imani. Kedua-dua malaikat itu bertugas sebagai pencatat perbuatan manusia.
     
        Raqib bertugas sebagai pencatat perbuatan baik, sementara Atid pencatat semua perbuatan buruk. Sebagaimana disebutkan, setiap manusia ada dua malaikat pendamping. Raqib berada disebelah kanan dan mencatat kebaikan seseorang tanpa penyaksian pihak lain manakala Atid pula berada disebelah kiri dan mencatat kejahatan seseorang, tetapi dengan penyaksian kawannya.
     
        Kedudukan kedua-dua malaikat itu sentiasa berpindah-pindah. Jika orang yang didampingi itu duduk, satu berada di kanannya dan satu lagi di kirinya. Jika orang yang didampingi itu tidur, satu berada dekat kepala dan satu lagi dekat kedua-dua kakinya.
     
       Sebahagian riwayat menyebutkan, setiap manusia ada lima malaikat yang ditugaskan mendampinginya. Dalam hal ini, ada dua bertugas pada waktu siang, dua lagi disebelah malam dan satu lagi tidak pernah meninggalkan tugasnya walau sesaat pun.
     
       Di sinilah sepanjang pengertian mengenai firman Allah SWT (Ar-Ra’d:11) “Bagi manusia itu ada malaikat yang sentiasa mengikutinya, yang berada di depan dan belakangnya, mereka menjaga demikian atas perintah Allah”
    
       Disebutkan, yang akan menjadi saksi pada hari kiamat atas amal atau perbuatan manusia ada tujuh:

  •       Malaikat: seperti firman Allah SWT: “Dan malaikat memberi kesaksian”.
  •       Bumi; seperti firman Allah SWT: “Dan manusia bertanya, mengapa bumi jadi begini, pada hari itu bumi menceritakan khabarnya”.
  •       Waktu.
  •       Lidah-lidah mereka; seperti firman Allah SWT: “Pada hari di mana lidah-lidah mereka memberi kesaksian”.
      Anggota badan manusia; seperti firman Allah SWT: “Pada hari ini kami tutup mulut mereka dan berkatalah kepada kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka apa yang mereka usahakan”.
      
      Kedua-dua malaikat pencatat; seperti firman Allah SWT: “Pada hal sesungguhnya bagi kamu ada malaikat yang mengawasi(pekerjaanmu) yang mulia di sisi Allah dan yang mencatat (pekerjaan itu)”.
      
      Oleh itu, ketika Allah SWT menghimpun makhluk dan hisab perbuatan mereka ketika di dunia serta diminta pertanggungjawabnya, dibahagikan buku-buku catatan amal dan terdengar suara dari sisi Tuhan:
      “Wahai si polan, terimalah buku catatan amal mu dengan tangan kirimu… wahai si polan, terimalah buku catatan amalmu dengan belakang punggung mu… wahai si polan, terimalah buku catatan amalmu dengan tangan kananmu…
       
       Inilah maksud firman Allah SWT; “Ada pun orang yang diberikan amal kitab amalnya dari belakang, ia akan masuk neraka dalam api yang menyala-nyala”
      
       Dengan keterangan di atas, kita wajib percaya Allah SWT menugaskan beberapa malaikatnya untuk mencatat amal-amal hambanya yang baik mahupun yang buruk dalam keadaan bergurau atau bersungguh-sungguh, dlam keadaan sedar atau lupa, diwaktu sakit atau sihat sehinggalah nafas dan rintihan dicatat.

Hanya Allah SWT yang lebih mengetahui.

Wallahu'alam.

No comments:

Post a Comment